Qirbah: Tempat Minum Kulit

Qirbah: Tempat Minum Kulit - Saat itu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tinggal memiliki satu Qirbah air. Maka ketika beliau meletakkan tangannya pada Qirbah tersebut, mengalirlah air dari jari jemari beliau sampai mencukupi kebutuhan untuk seluruh pasukannya. Bahkan kata sahabat yang hadir saat itu – bila jumlah kami ratusan ribu-pun air itu masih cukup, tetapi saat itu  jumlah kami hanya 1500 orang (dari hadits Sahih Bukhari).



Qirbah Tempat Minum Kulit

'Kalau saja satu sunnah yg nampak sederhana dijalankan, maka dunia tidak menjadi tumpukan sampah botol dan gelas plastik yg dibuang oleh jutaan manusia setiap harinya seperti sekarang ini.

Sunah tersebut berupa tempat minum dari kulit yg disebut Qirbah. Satu orang hanya butuh satu dan dipakai seumur hidup. Bila airnya diminum lebih sehat dan lebih segar dari air dalam botol. Bila kita butuh wudhu sewaktu-waktu bisa juga digunakan wudhu.

Qirbah ini waktunya dihadirkan kembali untuk umat, agar kita bisa hidup lebih dekat dengan sunnah Nabi, minum air lebih sehat, dan yg sangat jelas menghentikan pencemaran lingkungan oleh botol dan gelas plastik yg seperti tidak terbendung kini. (Qirbah)

Share this

Related Posts

First